-

Laman

Minggu, 20 November 2016

Waspada Penyakit Meningitis, Kenali gejala dan penyebabnya

Meningitis adalah peradangan pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Pembengkakan memicu gejala seperti sakit kepala, demam, dan kaku leher. Sebagian besar kasus disebabkan oleh infeksi virus, tetapi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur juga bisa menjadi pemicu meningitis. Tergantung pada penyebab infeksinya, meningitis bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bisa juga menjadi parah mengancam jiwa pasien.

Gejala meningitis sering kali disalah artikan sebagai gejala flu, karena memang kemiripan gejala keduanya. Gejala meningitis bisa berkembang selama beberapa jam atau bahkan lebih dari satu hari. Beberapa gejala yang bisa Anda waspadai yaitu:

Demam tinggi mendadak
Sakit kepala berat yang berbeda dengan sakit kepala Anda biasanya
Kaku leher
Muntah atau mual yang disertai sakit kepala
Sulit berkonsentrasi
Kejang
Kantuk yang membuat sulit bangun
Sensitif terhadap cahaya
Nafsu makan menurun
Pada beberapa kasus ada pasien yang juga mengalami ruam kulit
Penyebab yang membuat seseorang beresiko terkena meningitis di antaranya:

Melewatkan vaksinasi ketika Anda masih kecil bisa menyebabkan resiko meningitis lebih tinggi

Tinggal di komunitas tertentu. Misalnya mahasiswa yang tinggal di asrama atau petugas militer yang tinggal di pangkalan juga memiliki resiko yang tinggi karena menyebarnya bakteri maupun virus melalui jalur pernapasan lebih cepat di dalam kelompok seperti ini.

Keadaan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti mengkonsumsi alkohol, menderita diabetes, atau penggunaan obat-obatan imunosupresan juga membuat seseorang lebih rentan pada meningitis. Jika Anda pernah mengalami operasi pengangkatan limpa, resiko terserang meningitis sangat tinggi.

Jaga kesehatan tubuh dan perhatikan pola makan serta kebersihan di lingkungan sekitar Anda Ladies agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit meningitis.

1 komentar: